Laman

Senin, 01 November 2010

Ditjen EBTKE Adakan Sarasehan Sehari EBT

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (DJEBTKE) akan mengadakan Sarasehan sehari Roadmap Energi Baru Terbarukan, pada hari Selasa, 02 November 2010 bertempat di  Nareswara, Gedung Smesco – UKM, Jakarta.

 Acara saresehan tersebut merupakan kerja bareng dari stakeholder energi baru dan energi terbarukan yang terdiri dari Instansi Pemerintah, Lembaga Penelitian, Perguruan Tinggi, Akademisi, Praktisi, BUMN, dan Swasta. 
Acara saresehan yang mangambil tema: “Memperkuat Jaringan Komunitas Energi Baru Terbarukan dalam rangka Pencapaian Visi Energi 25/25” ini diperkirakan akan dihadiri sekitar 600 undangan dari stakeholder energi baru terbarukan.


Visi Energi 25/25 merupakan visi yang dicanangkan oleh Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan dukungan dari Komunitas Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Indonesia untuk mencapai sasaran 25 persen pangsa energi baru terbarukan dalam bauran energi nasional. Visi Energi 25/25 menekankan kepada 2 (dua) hal penting yaitu upaya konservasi energi di sisi pemanfaatan untuk menekan laju penggunaan energi nasional, dan upaya diversifikasi energi di sisi penyediaan dengan mengutamakan energi baru terbarukan.

Hadir sebagai pembicara  antara lain dari Pemerintah yaitu Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Kepala BPPT, Dirjen Basis Industri Manufakture Kementerian Industri, Deputi Bidang usaha Strategis dan Manufaktur Kementerian BUMN, dan Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Ikllim Kementerian Lingkungan Hidup.

Sedangkan dari pihak non Pemerintah adalah perwakilan dari setiap klaster energi baru dan energi terbarukan yaitu Abadi Poernomo (Panas Bumi), Paulus Tjakrawan (Bahan Bakar Nabati), Djoko Winarno (Minihidro dan PLTA), Donny Achiruddin (Energi Samudra), Nany Wardhani (Energi Surya), Soeripno (Energi Angin), Agus Nugroho (Biomass), Sutaryo Supardi (Energi Nuklir), Achyar Oemri (Fuel cell), dan Samy Hamzah (Coal Bed Methane). Masing-masing pembicara dari perwakilan klaster energi baru terbarukan menyampaikan peta jalan tiap klaster untuk mencapai Visi Energi 25/25.

Selain format seminar, beberapa anggota Komunitas Energi Baru Terbarukan juga akan dimeriahkan oleh pameran perkembangan teknologi, produk, hasil penelitian, dan keberhasilan pemanfaatan energi baru terbarukan dalam format pameran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar